Assalamu'alaikum wr.wb pengunjung blog aku singpentingmasuk.blogspot.com
Mengatur tatakalah pada karya ilmiah atau arikel untuk diprint out sangat penting, selain dari kewajiban, keindahan, juga mempermudah orang lain untuk membaca karya ilmiah atau artikel kita.
Oke langsung saja aku jelaskan.
1. Buka MS. Office Word atau software pengolah kata pada OS Linux atau MacOS;
Tampilan awal, disini masih perlu diatur sebelum kita memulai untuk mengetik naskah. Untuk mengaturnya ada beberapa bagian yang perlu diatur, perhatikan langkah nomor 2.
2. Mari kita mulai mengatur, kita mulai dari jenis font, kita pilih Times New Romans
3. Setelah itu kita mengatur font size atau ukuran font, kita pilih size 12. Perhatikan tanda panah.
4. Berikutnya kita mengatur pada jarak baris dan bentuk dasbor, pada jarak baris kita pilih 2 Cm dan pada dasbor kita pilih Justify.
Sebelum kita memilih jarak baris 2 Cm terlebih dahulu kita atur Line Spacing Options, perhatikan pada gambar yang tergaris kuning dan klik kiri.
5. Maka tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.
Ganti angka 10 menjadi angka 0 pada kolom After yang berada pada bagian Spacing.
6. Setelah selesai diatur baru kita klik pada jarak baris 2 Cm. Perhatikan gambar di bawah ini.
7. Pada langkah ini kita berpindah ke bagian Page Layout untuk mengatur Page Setup. Perhatikan pada gambar ini.
8. Setelah kita klik Page Setup maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.
Disini terlebih dahulu kita mengatur pada Margins. Pada kolom Top kita ubah menjadi 4 Cm begitu pula dengan Left kita isikan 4 Cm sedangkan pada kolom Botton isikan angka 3 Cm begitu pula dengan kolom Right 3 Cm.
9. Sekarang kita berpindah dari Margins ke Paper, disini kita pilih kertas A4 atau Kuarto. Perhatikan gambar.
Kenapa harus kertas A4 atau Kuarto? Karena kertas A4 atau Kuarto adalah kertas standar internasional untuk pembuatan karya ilmiah atau artikel.
10. Langkah terakhir dari bagian ini adalah mengatur Header yang berada pada Layout, kita beri angkat 3 Cm untuk Header dan klik Ok jika sudah selesai mengatur. Perhatikan gambar.
11. Maka tampilannya sudah berubah menjadi pada gambar di bawah ini yang sudah berbeda dari awal pertama kita membuka MS. Office Word.
12. Pada langkah ini kita arahkan kursor pada Insert dan klik lalu kita pilih pada Page Number.
Perhatikan gambar.
Ikuti langkahnya dengan memperhatikan warna kuning.
13. Setelah memilih Plain Number 3 pada Page Number maka menjadi seperti gambar di bawah ini.
Kita beri angka 1 atau i sebagai halaman awal.
14. Setelah itu kita arahkan kursor kelar dari area footer atau header tersebut dengan mengeklik 2 kali pada bagian atas footer atau header. Perhatikan gambar di bawah ini.
15. Di bagian ini sebetulnya sudah siap untuk mengetik, namun perhatikan kembali, apakah pada bagian ini kita sudah bisa menggunakannya?
Tentu belum, mari kita lengkapi pengaturan ini. Kita perlu mengatur pada Spacing awal yaitu dengan memajikan spaceingnya ke nomor 1. Ini berfungsi agar saat kita menekan Enter pada Keyboard untuk membuat alinea baru maka secara otomatis sudah akan masuk 5 space. Perhatikan gambar.
Jika tidak terdapat bagian tersebut, bisa kita klik terlebih dahulu pada bagian yang ditunjuk oleh anak panah berwarna biru.
16. Jika sudah maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.
Sebagai judul dari sebuah karya ilmiah atau artikel umumnya ukuran dari font adalah 14, setelah selesai kita membuat judul dengan ukuran font 14 tidak lupa kita kembalikan ke ukuran 12.
17. Maka tampilan akhir dari semua langkah awal membuat karya ilmiah atau artikel sebagai berikut.
18 dan seterusnya silahkan dilanjutkan sendiri dengan membuat isi dari sebuah karya ilmiah atau artikel.
Semoga posting aku ini dapat membantu kamu dan good luck.
:D
Mengatur tatakalah pada karya ilmiah atau arikel untuk diprint out sangat penting, selain dari kewajiban, keindahan, juga mempermudah orang lain untuk membaca karya ilmiah atau artikel kita.
Oke langsung saja aku jelaskan.
1. Buka MS. Office Word atau software pengolah kata pada OS Linux atau MacOS;
Tampilan awal, disini masih perlu diatur sebelum kita memulai untuk mengetik naskah. Untuk mengaturnya ada beberapa bagian yang perlu diatur, perhatikan langkah nomor 2.
2. Mari kita mulai mengatur, kita mulai dari jenis font, kita pilih Times New Romans
3. Setelah itu kita mengatur font size atau ukuran font, kita pilih size 12. Perhatikan tanda panah.
4. Berikutnya kita mengatur pada jarak baris dan bentuk dasbor, pada jarak baris kita pilih 2 Cm dan pada dasbor kita pilih Justify.
Sebelum kita memilih jarak baris 2 Cm terlebih dahulu kita atur Line Spacing Options, perhatikan pada gambar yang tergaris kuning dan klik kiri.
5. Maka tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.
Ganti angka 10 menjadi angka 0 pada kolom After yang berada pada bagian Spacing.
6. Setelah selesai diatur baru kita klik pada jarak baris 2 Cm. Perhatikan gambar di bawah ini.
7. Pada langkah ini kita berpindah ke bagian Page Layout untuk mengatur Page Setup. Perhatikan pada gambar ini.
8. Setelah kita klik Page Setup maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.
Disini terlebih dahulu kita mengatur pada Margins. Pada kolom Top kita ubah menjadi 4 Cm begitu pula dengan Left kita isikan 4 Cm sedangkan pada kolom Botton isikan angka 3 Cm begitu pula dengan kolom Right 3 Cm.
9. Sekarang kita berpindah dari Margins ke Paper, disini kita pilih kertas A4 atau Kuarto. Perhatikan gambar.
Kenapa harus kertas A4 atau Kuarto? Karena kertas A4 atau Kuarto adalah kertas standar internasional untuk pembuatan karya ilmiah atau artikel.
10. Langkah terakhir dari bagian ini adalah mengatur Header yang berada pada Layout, kita beri angkat 3 Cm untuk Header dan klik Ok jika sudah selesai mengatur. Perhatikan gambar.
11. Maka tampilannya sudah berubah menjadi pada gambar di bawah ini yang sudah berbeda dari awal pertama kita membuka MS. Office Word.
12. Pada langkah ini kita arahkan kursor pada Insert dan klik lalu kita pilih pada Page Number.
Perhatikan gambar.
Ikuti langkahnya dengan memperhatikan warna kuning.
13. Setelah memilih Plain Number 3 pada Page Number maka menjadi seperti gambar di bawah ini.
Kita beri angka 1 atau i sebagai halaman awal.
14. Setelah itu kita arahkan kursor kelar dari area footer atau header tersebut dengan mengeklik 2 kali pada bagian atas footer atau header. Perhatikan gambar di bawah ini.
15. Di bagian ini sebetulnya sudah siap untuk mengetik, namun perhatikan kembali, apakah pada bagian ini kita sudah bisa menggunakannya?
Tentu belum, mari kita lengkapi pengaturan ini. Kita perlu mengatur pada Spacing awal yaitu dengan memajikan spaceingnya ke nomor 1. Ini berfungsi agar saat kita menekan Enter pada Keyboard untuk membuat alinea baru maka secara otomatis sudah akan masuk 5 space. Perhatikan gambar.
Jika tidak terdapat bagian tersebut, bisa kita klik terlebih dahulu pada bagian yang ditunjuk oleh anak panah berwarna biru.
16. Jika sudah maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.
Sebagai judul dari sebuah karya ilmiah atau artikel umumnya ukuran dari font adalah 14, setelah selesai kita membuat judul dengan ukuran font 14 tidak lupa kita kembalikan ke ukuran 12.
17. Maka tampilan akhir dari semua langkah awal membuat karya ilmiah atau artikel sebagai berikut.
18 dan seterusnya silahkan dilanjutkan sendiri dengan membuat isi dari sebuah karya ilmiah atau artikel.
Semoga posting aku ini dapat membantu kamu dan good luck.
:D
Comments
Post a Comment