Skip to main content

Tempat Usaha (Pelajaran Kewirausahaan Kelas Xll)

tempat usaha


Tempat usaha yang strategis adalah tempat untuk melakukan usaha yang memperhatikan pemilik usaha dan calon-calon pelanggannya. 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi usaha tersebut adalah:
  1. Letak strategis;
  2. Dekat dengan bahan dasar;
  3. Dekat dengan pasar/konsumen;
  4. Tenaga kerja mudah didapat baik tenaga terdidik maupun terlatih;
  5. Biaya transportasi murah dan mudah;
  6. Daya beli konsumen cukup potensial;
  7. Fasilitas pemerintah sangat mendukung;
  8. Tempatnya sejuk, nyaman, dan terjaga kebersihannya;
  9. Fasilitas parkir yang luas;
  10. Fasilitas infrastruktur terpenuhi seperti listrik, telepon, dan akses menuju lokasi usaha mudah.
Biasanya calon pendiri usaha sudah menetapkan tempat usaha di dalam rencana usahanya berdasarkan pertimbangan faktor-faktor di atas.

Oleh sebab itu calon pendiri usaha tinggal mempersiapkan dengan cara membangun gedung sendiri, menyewa, atau di rumah sendiri tentunya harus dipersiapkan secara matang dengan segala konsekuensinya.

Membangun gedung untuk tempat usaha

Membangun gedung untuk tempat usaha memiliki konsekuensi harus memiliki modal yang banyak untuk investasi gedung.

Calon pendiri usaha harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membangun gedung tempat usahanya dan membutuhkan waktu yang lama.

Tetapi dengan memiliki tempat usaha sendiri pemilik usaha memiliki beberapa keuntungan antara lain tempat usaha bisa permanen, lay-out bisa diubah sesuai selera pemilik, dan pemilik usaha bisa fokus menjalankan usaha karena tempatnya terpisah dari rumah.

Menyewa/kontrak

Menyewa gedung atau ruangan untuk bisnis memerlukan biaya yang lebih kecil daripada membangun atau membeli gedung.

Ini juga lebih fleksibel karena apabila menyewa gedung maka akan lebih mudah untuk pindah tempat.  Tetapi dengan menyewa tempat usaha membuat keamanan usaha tidak terjamin.

Di rumah sendiri

Menjalankan usaha di rumah sendiri adalah pilihan yang paling murah.  tempat ini menjadi alternatif yang terbaik untuk memulai bisnis sampai pemilik usaha mengetahui apakah usahanya akan berhasil.  

Tempat ini juga memudahkan pemilik usaha untuk mempromosikan usahanya karena berada di sekitar tetangganya yang sudah dikenal lama yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggannya.  

Tetapi kelemahannya sulit untuk memisahkan bisnis dengan keluarga, dibanding apabila tempat bisnis tidak di rumah.

Selanjutnya pemilik usaha saat memulai usaha harus mengatur lay out tempat usaha misalnya ruangan untuk produksi, ruangan untuk menerima tamu, ruangan untuk menyimpan administrasi, gudang, dan lain-lain.

Tempat kerja juga harus memiliki ventilasi udara yang cukup, penerangan, maupun perhatian terhadap keamanan, kenyamanan dan keselamatan pegawai terutama tata letak mesin, kabel listrik dan lain-lain yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja.  Kondisi kerja di tempat kerja harus diperhatikan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Video Dari Gambar/Foto Menggunakan Picasa

Assalamu'alaikum wr.wb. Kali ini aku ingin membagi Cara Membuat Video Dari Gambar/Foto Menggunakan Picasa.   Cara ini cukup simple dan mudah, kamu tinggal mengumpulkan gambar/foto. Bagi yang belum mempunya Picasa silahkan download disini Bagaimana caranya? Kamu bisa download tutorial yang sudah aku bendel menjadi .RAR dan tinggal kamu buka menggunakan MS.  Word pada OS Windows dan LiberWord pada Linux. Silahkan  Download disini

Pengertian Ekologi dan Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

A. PENGERTIAN EKOLOGI Pelopor Ilmu Ekologi adalah seorang ahli Biologi dari Jerman yang bernama Ernst Haekel (1866).  Kata ekologi berasal dari bahasa Yunani, oikos yang berarti rumah, dan logos  yang berarti ilmu.  Sehingga secara harfiah, ekologi berarti ilmu tentang makhluk hidup dalam rumahnya.   Secara sederhana, ekologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekologi berkepentingan dalam menyelidiki interaksi organisme dengan lingkungannya.  Pengamatan ini bertujuan untuk menemukan prinsip-prinsip yang terkandung dalam hubungan timbal balik tersebut.   Dalam studi ekologi digunakan metode pendekatan secara menyeluruh pada komponen-komponen yang berkaitan dalam suatu sistem. Ruang lingkup ekologi berkisar pada tingkat populasi, komunitas, dan ekosistem. Mempelajari Ekologi sangat penting, karena masa depan kita sangat tergantung pada hubungan ekologi di seluruh dunia.  Meskipun perubahan terjadi di tempat lain di bum

Free Download Typing Master Pro 7.01

Assalamu'alaikum wr.wb Kali ini aku ingin membagi software Typing Master Pro 7.01 with Crack.  Software ini berfungsing untuk melatih keterampilan kita dalam mengetik 10 jari buta. Penggunaan software ini pun cukup medah, untuk lebih lanjut perhatikan langkah berikut: 1.  Download software Typing Master Pro 7.01 disini 2.  Extract filenya menggunakan software pembuka file berestensi zip, rar dll.  Bagi yang belum mempunyai WinRAR silahkan download disini 3.  Install filenya (Typing Master Pro 7.01) (Ingat untuk mematikan jaringan internet terlebih dahulu) 4.  Keluar dari Typing Master Pro 7.01 4.  Buka folder Crack dan copy file tmaster ke C:\Program Files\TypingMaster 5.  Pilih Copy and Replace. 6.  Selesai dan silahkan menggunakan Typing Master Pro 7.01 secara gratis. Bonus Serial Key:  Serial Key ini dapat kamu gunakan untuk menjadikan Typing Master tersebut full version tanpa menggunakan Crack.  Download  disini Terima kasih sudah berkunjung ke blog  singpent