Skip to main content

Pengertian Ekologi dan Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

A. PENGERTIAN EKOLOGI

Pelopor Ilmu Ekologi adalah seorang ahli Biologi dari Jerman yang bernama Ernst Haekel (1866).  Kata ekologi berasal dari bahasa Yunani, oikos yang berarti rumah, dan logos  yang berarti ilmu.  Sehingga secara harfiah, ekologi berarti ilmu tentang makhluk hidup dalam rumahnya.  

Secara sederhana, ekologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekologi berkepentingan dalam menyelidiki interaksi organisme dengan lingkungannya.  Pengamatan ini bertujuan untuk menemukan prinsip-prinsip yang terkandung dalam hubungan timbal balik tersebut.  

Dalam studi ekologi digunakan metode pendekatan secara menyeluruh pada komponen-komponen yang berkaitan dalam suatu sistem. Ruang lingkup ekologi berkisar pada tingkat populasi, komunitas, dan ekosistem.

Mempelajari Ekologi sangat penting, karena masa depan kita sangat tergantung pada hubungan ekologi di seluruh dunia.  Meskipun perubahan terjadi di tempat lain di bumi ini, namun akibatnya akan kita rasakan pada lingkungan di sekitar kita.

Meskipun Ekologi adalah cabang dari Biologi, namun seorang ahli ekologi harus menguasai ilmu lain seperti Kimia, Fisika, dan Ilmu Komputer.

Ekologi juga berhubungan dengan bidang ilmu-ilmu tertentu seperti Geologi, Meteorologi, dan Oseanografi, guna mempelajari lingkungan dan hubungannya antara tanah, air, dan udara.

Pendekatan dari berbagai ilmu membantu ahli ekologi untuk memperkirakan atau meramalkan dampak dari masalah lingkungan seperti hujan asam atau efek rumah kaca.

Ada dua asas dalam ekologi, yaitu:
(1)  Di manapun suatu organisme ada tidak akan dapat hidup mandiri, untuk hiudpnya suatu organisme memerlukan organisme lain atau lingkungannya.
(2) lingkungan diperlukan organisme untuk makan, perlindungan, pertumbuhan, berkembangbiak, dan lain-lain.

Ahli ekologi mempelajari organisasi kehidupan dalam tiga tingkatan, yaitu populasi, komunikasi, dan ekosistem.

B.  SATUAN MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM

1.  Individu

Individu adalah organisme tunggal contohnya seorang manusia, sebatang pohon, atau seekor ayam.  Individu merupakan makhluk hidup tunggal yang memiliki proses sendiri.

Setiap individu harus mampu mempertahankan dirinya dari berbagai ancaman dari musuhnya dan mampu berkembang biak.

Untuk mengatasi masalah tersebut organisme harus memiliki struktur khusus seperti duri, sayap, kantung, atau tanduk.

Hewan juga memperlihatkan tingkah laku tertentu misalnya melakukan migrasi atau membuat sarang.  Struktur dan tingkah laku demikian dinamakan adaptasi.

Adapun macam-macam adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya adalah sebagai berikut.

a.  Adaptasi morfologi

Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh untuk kelangsungan hidupnya.  Contoh:  Gigi-gigi hewan karnivora beradaptasi menjadi empat gigi taring besar dan runcing, tumbuhan insektivora daunnya berbentuk piala dengan permukaan dalam yang licin sehingga dapat menggelincirkan serangga yang hinggap, akar tumbuhan gurun kuat dan panjang berfungsi untuk menyerap air yang terdapat jauh di dalam tanah.
Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes sp)  dengan daun bentuk piala.
Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes sp)  dengan daun bentuk piala.

b.  Adaptasi fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi fisiologi tubuh untuk mempertahankan hidupnya.  Seperti kantung tinta pada cumi-cumi dan gurita yang digunakan untuk menyemprot musuh-musuhnya, mimikri pada bunglon yaitu kulit bunglon dapat berubah warna karena pigmen yang dikandungnya untuk menipu penglihatan musuhnya.
Adaptasi Bunglon dengan mengubah warna kulitnya.
Adaptasi Bunglon dengan mengubah warna kulitnya.

Kantong tinta pada cumi-cumi digunakan untuk melindungi diri dari ancaman musuh sehingga musuh tidak bisa melihat cumi-cumi dengan jelas.

Cumi-cumi memiliki kantong tinta untuk perlindungan diri.
Cumi-cumi memiliki kantong tinta untuk perlindungan diri.

c.  Adaptasi tingkah laku

Adaptasi tingkah laku merupakan adaptasi yang didasarkan pada tingkah laku.  Seperti tupai virginia, pura-pura mati/tidur jika didekati seekor anjing, ikan salem raja di Amerika Utara melakukan migrasi untuk mencari tempat yang sesuai untuk bertelur.

Ikan ini hidup di laut,  setiap tahun ikan salem dewasa yang berumur empat sampai tujuh tahun berkumpul di teluk di sepanjang Pantai Barat Amerika Utara untuk menuju ke sungai.  Saat di sungai, ikan salem jantan mengeluarkan sperma di atas telur ikan betinanya.

Setelah itu ikan dewasa biasanya mati.  Telur yang telah menetas untuk sementara tinggal di air tawar.  Setelah menjadi lebih besar mereka bergerak ke bagian hilir dan akhirnya ke laut.

Ikan Salem.
Ikan Salem. 

2.  Relung/Niche

Relung atau niche merupakan tempat makhluk hidup berfungsi di habitatnya, bagaimana cara hidup, atau peran ekologi makhluk hidup tersebut.  

Jadi pada dasarnya makhluk hidup secara alamiah akan memilih habitat dan relung ekologinya sesuai dengan kebutuhannya, dalam arti bertempat tinggal, tumbuh berkembang dan melaksanakan fungsi ekologi pada habitat yang sesuai dengan kondisi lingkungan (misalnya iklim), nutrien, dan interaksi antara makhluk hidup yang ada.

Dalam ekologi, seluruh peranan dan fungsi makhluk hidup dalam komunitasnya dinamakan relung atau niche ekologi.  

Jadi relung ekologi merupakan semua faktor atau unsur yang terdapat dalam habitatnya yang mencakup jenis-jenis organisme yang berperanan, lingkungan, dan tempat tinggal yang sesuai dan spesialisasi populasi organisme yang terdapat dalam komunitas.

Relung ekologi bukan konsep yang sederhana, melainkan konsep yang kompleks yang berkaitan dengan konsep populasi dan komunitas.  Relung ekologi merupakan peranan total dari semua makhluk hidup dalam komunitasnya.

3.  Populasi

Populasi adalah kumpulan individu organisme di suatu tempat yang memiliki sifat serupa, mempunyai asal usul yang sama dan tidak ada yang menghalangi individu anggotanya untuk berhubungan satu sama lain dan mengembangkan keturunannya secara bebas karena individu itu merupakan kumpulan heteroseksual, misalnya populasi pohon pinus di Tawangmangu ada 1000 batang.

Jadi, populasi tidak hanya terdiri atas satu makhluk hidup atau individu, tetapi atas sekumpulan makhluk hidup yang menempati suatu awasan tertentu, di mana makhluk hidup tersebut memiliki jenis yang sama atau satu spesies.

Ukuran populasi berubah sepanjang tahun.  Perubahan ukuran dalam populasi dinamakan dinamika populasi.

Perubahan ukuran populasi dipengaruhi oleh beberapa hal, sperti bencana alam, kebakaran, serangan penyakit, adalnya kegiatan manusia seperti menebang pohon, menebang atau eksploitasi yang berlebihan.

Kepadatan populasi diartikan sebagai jumlah individu sejenis per satuan luas atau volume pada waktu tertentu.  Penentu utama pertumbuhan populasi adalah natalitas dan mortalitas.

Pada dasarnya populasi mempunyai karakteristik khas untuk kelompoknya yang tidak dimiliki oleh masing-masing individu anggotanya.

Adapun karakteristik ini adalah kepadatan (densitas), laju kelahiran (natalitas), laju kematian (mortalitas), potensi biotik,  penyebaran umur, dan bentuk pertumbuhan.  Selain itu dinamakan populasi juga dapat ditentukan oleh imigrasi dan emigrasi.

a.  Imigrasi adalah perpindahan satu atau lebih organisme ke daerah lain atau peristiwa    didatanginya suatu daerah oleh satu atau lebih organisme.  Imigrasi akan meningkatkan populasi.

b.  Emigrasi adalah peristiwa ditinggalkannya suatu daerah oleh satu atau lebih organisme, sehingga populasi akan menurun.

4.  Komunitas

Populasi-populasi makhluk hidup yang ada tidak berdiri sendiri tetapi saling berinteraksi satu sama lain.

Komunitas adalah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain.

Di dalam komunitas setiap jenis organisme mempunyai tugas dan fungsi tertentu.  Fungsi hidup suatu organisme dalam komunitas dinamakan nicia (niche).

Komunitas memiliki derajat keterpaduan yang lebih kompleks apabila dibandingkan dengan individu dan populasi.  Contoh komunitas adalah ikan di kolam atau komunitas tumbuhan di hutan.

5.  Ekosistem

     Ekosistem adalah suatu bentuk hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya misalnya ekosistem hutan dan ekosistem kolam, antara komunitas dan lingkungannya selalu terjadi interaksi, dalam interaksi ini menciptakan kesatuan ekologi yang dinamakan ekosistem.

Adapun komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau),  konsumen (herbivora, karnivora dan omnivora) dan dekomposer/pengurai (mikroorganisme).

6.  Biosfer

     Biosfer adalah kesatuan berbagai ekosistem yang meliputi semua organisme dan lingkungan yang berinteraksi untuk berlangsungnya sistem pendayagunaan energi dan daur ulang materi.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Video Dari Gambar/Foto Menggunakan Picasa

Assalamu'alaikum wr.wb. Kali ini aku ingin membagi Cara Membuat Video Dari Gambar/Foto Menggunakan Picasa.   Cara ini cukup simple dan mudah, kamu tinggal mengumpulkan gambar/foto. Bagi yang belum mempunya Picasa silahkan download disini Bagaimana caranya? Kamu bisa download tutorial yang sudah aku bendel menjadi .RAR dan tinggal kamu buka menggunakan MS.  Word pada OS Windows dan LiberWord pada Linux. Silahkan  Download disini

Free Download Typing Master Pro 7.01

Assalamu'alaikum wr.wb Kali ini aku ingin membagi software Typing Master Pro 7.01 with Crack.  Software ini berfungsing untuk melatih keterampilan kita dalam mengetik 10 jari buta. Penggunaan software ini pun cukup medah, untuk lebih lanjut perhatikan langkah berikut: 1.  Download software Typing Master Pro 7.01 disini 2.  Extract filenya menggunakan software pembuka file berestensi zip, rar dll.  Bagi yang belum mempunyai WinRAR silahkan download disini 3.  Install filenya (Typing Master Pro 7.01) (Ingat untuk mematikan jaringan internet terlebih dahulu) 4.  Keluar dari Typing Master Pro 7.01 4.  Buka folder Crack dan copy file tmaster ke C:\Program Files\TypingMaster 5.  Pilih Copy and Replace. 6.  Selesai dan silahkan menggunakan Typing Master Pro 7.01 secara gratis. Bonus Serial Key:  Serial Key ini dapat kamu gunakan untuk menjadikan Typing Master tersebut full version tanpa menggunakan Crack.  Download  disini Terima kasih sudah berkunjung ke blog  singpent